Sejarah singkat Kepanduan Dunia


Baden Powell
Pada hakekatnya kepramukaan atau kepanduan dunia tidak lepas dari peran seorang tokoh yang lahir pada tanggal 22 februari 1857. beliau adalah Robert Stephenson Smyth yang kemudian dikenal dengan gelar Lord Baden Powell of Giwell sebagai bapak pandu sedunia.

bp

Jika lebih jauh kita tahu riwayatnya, Baden Powell adalah anak dari seorang Profesor Geometry di Universitas Oxford, Baden Powel nama ayahnya. Kehidupan Bapak Pandu itu diwarnai berbagai kisah dan pengalaman, mulai dari kisah kecilnya yang ditinggal oleh ayahnya hingga berhasil sampai saat ini.
Pengalaman – pengalaman semasa hidupnya ditulis dalam buku  yang berjudul “AIDS TO SCOUTING” yang isinya adalah :
  1. Ditinggal oleh Bapaknya sejak kecil dan mendapatkan pembinaan dan didikan watak dari Ibunya.
  2. Beliau tumbuh dengan kemandirian dan berbagai keahlian di bidang pelayaran, berenang, berkemah, olah raga dan lain sebagainya. Ini ia peroleh dari kakak – kakaknya.
  3. karena karakternya yang lucu, cerdas , suka bergembira dan menaruh perhatian besar pada bidang seni seperti sandiwara, mengarang dan menggambar Baden Powell disukai oleh banyak temannya.
  4. Pengalaman di India sebagai pembantu Letnan pada resimen Kavaleri 13 yang berhasil mengikuti jejak kuda yang hilang hingga ditemukan di puncak gunung. Serta keberhasilannya melatih panca indera kepada Kimball- O’Hara.
  5. Di Afrika Selatan tepatnya di Kota mafeking Baden Powell terkepungoleh bangsa Boer selama 127 hari dengan keadaan kurang makanan.
  6. Dan mengalahkan kerajaan Zulu Afrika dan mengambil kalung manik – manikl Raja Dini zulu.
Dari isi buku itu, sebenarnya ditujukan kepada tentara muda Inggris yang melakukan penyelidikan.  Dan karena cerita yang dibukukan itu, Mr. William Smyth yang merupakan pimpinan Boys Brigade di Inggris meminta kesediaan Baden Powell untuk melatih para tentaranya.

Pelatihan itu dilakukan dalam perkemahan di Pulau Brownsea pada tanggal 25 Juli 1907 dengan peserta 21 pemuda dari berbagai pelosok Inggris.
Karena usia yang kian bertambah, baden powell mengundurkan diri pada tahun 1910 dengan menyandang pangkat terakhir sebagai Letnan Jenderal. Beliau mendapat title Lord dari Raja George tahun 1929.
Kehidupannya bahagia dengan menikahi seorang wanita bernama Olave St Clair Soames tahun 1912 dan dianugerahi tiga orang anak. Lord baden Powell menghembuskan nafas terakhirnya pada tanggal 8 Januari 1941 di kota Nyeri , Kenya.



Kepramukaan Dunia
Awal dari kepramukaan yang dirintis oleh Baden Powell (BP) adalah dengan dirintisnya latihan kepramukaan awal tahun 1908 dengan sebuah buku yang menceritakan pengalamannya. Buku itu berjudul “Scouting For Boys” yang tersebar dengan cepat ke seluruh negeri Inggirs dan sekitarnya. Ini lah yang menyadi akar dari pramuka. Mulai saat itu bayak berdiri Boys Scout yang beranggotakan pramuka laki – laki.
Kemudian disusul oleh organisasi kepramukaan putrid yang berjuluk “Girls Guides” yang dibantu oleh Agnes dan diteruskan oleh Mrs. Baden Powell. Agnes adalah adik perempuan BP.
Pramuka golongan siaga muncul tahun 1916 dengan istiklah CUB [anak serigala] dengan buku The Jungle Book yang mengisahkan seorang anak yang didik dalam rimba oleh induk serigala [MOWGLI]. Buku itu dikarang oleh Rudyard Kiping.
Baru di tahun 1918 BP membentuk pramuka golongan penegak yang berusia lebih dari 17 tahun. Buku yang diterbitkan adalah ‘Rovering to Succes” [Mengembara Menuju Bahagia] yang berisi petunjuk bagi para pramuka penegak. Tersirat bahwa seorang pemuda harus dapat melewati lima karang kehidupan, yaitu :
Karang Perjudian,
Karang Wanita,
Karang Miras dan Rokok,
Karang Ego dan Munafik,
Karang tak berTuhan

untuk pertama kalinya digelar Jambore Sedunia di arena Olympia  London. Dalam acara tersebut Baden Powell mengundang 27 negara dan tepat dihari itu Baden Powell diangkat sebagi Bapak Pandu Dunia. [“Chief Scout Of The World”]
Petunjuk tentang pelaksanaan kursus pembina Pramuka mulai di luncurkan pada tahun 1914 dan terlaksana mulai 1919. tempat yang digunakan sebagai sarana pendidikan Pembina Pramuka kala itu adalah GILWEL PARK yang terletak di Chingford sebagai tanah pemberian sahabap Baden Powell yaitu W.F de Bois Mac Leren.
Untuk memperlancar kegiatan maka dibentuk Dewan Internasional dengan sembilan anggota dan Biro Sekretariatnya di London tahun 1920. Dan Biro Kepramukaan Putera Sedunia [Putera]  dipindahkan dari London ke Ottawa, Kanada tahun 1958. Pergantian tidak berhenti di sini, pada tanggal 1 Mei 1968 Biro tersebut dipindah ke Geneva, Swiss.
Sejak tahun 1920 sampai 1965dipegang secara berturut oleh Hubert Martin [Inggris], Kolonel JS Wilson [Inggris] dan Mayjen DC Spry [Kanada] dan diganti oleh RT Lund. Tanggal 1 Mei 1968 dipegang oleh D.R Laszio Nagy sebagai sekjen.
Biro Kepramukaan sedunia (Putera) hanya mempunyai 40 orang tenaga staf yang berada di Geneva dan di lima kantor kawasan. Antara lain, Costa Rica, Mesir, Filipina, Swiss dan Nigeria.
Sedangkan untuk Biro Kepramukaan sedunia Putri berada di London dan lima kawasan, yaitu eropa, Asia Pasifik, Arab, Afrika dan Amerika.


Biodata Singkat tentang Baden Powell:
Lahir                      : 22 Februari 1857[ hari kepanduan dunia]
Wafat                      : 8 Januari 1941 di Kenya.
Ayah                        : Domine H. G. Baden Powell
Ibu                          : W. T Smyth
Istri                         : Olave St Clair Soames

{ 0 komentar... Skip ke Kotak Komentar }

Tambahkan Komentar Anda

 
Yahoo Messenger
Send Me IM!
Google Plus
Add Me To Your Circle!
Twitter
Follow Me!
Facebook
Add My Facebook
Original Template By Belajar SEO Blogspot - Himajiesized By Dayz Hidayat